

Asiksaja.com | Di bandingkan dengan Youtube, video di facebook belum bisa populer. Walaupun dengan anggota bejibun, dan banyaknya pengunggah video, namun orang masih lebih menyukai menggunakan Youtube untuk mengunggah atau menonton tayangan video.
Nah, menyadari itu Facebook kini untuk pertama kalinya memutuskan akan membagi pendapatan dari pengiklannya kepada penggunggah video sebanyak 55%. Jadi dengan kebijakan ini setiap video yang diunggah dan ditonton, akan ditampilkan iklan. Pendapatan dari iklan tersebut akan dibagi antara Facebook dan pengunggah video.
Namun, monetize ini masih dalam percobaan, dan belum diberlakukan untuk keseluruhan. Saat ini Facebook baru menguji pada perangkat iPhone. Saat video ditampilkan dalam News Feed maka akan disertai iklan di bawahnya. Iklan akan berjalan otomatis ketika pengguna melakukan scroll. 55 persen dari profit tersebut akan menjadi milik video dan sisanya menjadi hak Fcebook.
Namun banyak pengamat meyakini Youtube akan lebih disukai oleh para pengiklan dibandingkan Facebook. Facebook lebih fokus pada kriteria basis waktu yang sudah dianggap kuno, sementara pengiklan hanya butuh setidaknya 30 detik atau full orang yang melihat video untuk melihat iklannya. Selain itu Youtube memberikan opsi kepada pengguna untuk men-skip iklan, sementara di Facebook tidak.
Meski terlepas dari beberapa kelemahan, langkah Facebook ini tentu akan menarik bagi pemburu dollar. Adanya monetize akan menjadikan video di Facebook makin rame.